Rabu, 03 Agustus 2011

Menyilangkan Murai Batu

Emang untuk menjadi seorang Breeder sejati (tidak semata-mata bisnis) yg punya visi & misi... ini merupakan suatu materi yg merupakan tantangan tersendiri.Perkawinan silang adalah bertujuan untuk mengambil unsur2 positip(keistimewaan ) indukan. sebagai contoh seperti yg ditanyakan ini.Tentunya perkawinan ini bukan hanya karena gak ada lain ato hanya kebetulan saja..di dunia breeding. Tapi sebaiknya emang disengaja....dgn tujuan mengambil sifat2 positipnya.Kendalanya adalah : Jika harapan yg diharapkan gak muncul,kita langsung menyerah,dan celakanya lagi produksi ini langsung di perjual belikan padahal hasilnya belun sempurna. Inilah kesalahan yg sering dilakukan oleh para breeder kita.Ibarat CAtur kita harusnya berpikir 3-4 langkah kedepan bukan 1 langkah kedepan saja bener gak Om??

Produk hasil silang yg mungkin belun maksimal mesthinya di isolir jangan diperlihatkan umum,apalagi di komersialkan.Seorang Breeder hrs bertanggung jawab terhadap hasil karyanya yg belun sempurna,jangan sembunyi ytangan, karena emang ini membutuhkan waktu yg lama dan kejelian seorang breeder untuk menganalisanya.

Kembali ke Tema diatas :
Jantan Borneo : sisi positip yg bisa diambil adalah Mental, gaya tarung, stamina.
Betina Medan : Sisi positip , kecerdasan, Suara, fisik.

Hasilnya : diharapkan : dapat MB yg memiliki sifat2 gabungan diatas,namun jangan salah ini adalah dunia trial & error (karena kita gak punya fasikitas untuk melakukan penelitian). Jika salah ya harus di lanjutkan dgn F2nya ato cari alternatif yg lain jangan malah mundur.Namun jika dr sisi bisnis,ya rugi dan dadal dual so kenapa ane bilang Hanya Breeder yg BERVISI saja yg rela melakukan ini semua.

1 komentar:

  1. yang terrpenting jenisnya sama mas
    mengurangi resiko kegagalan :-)

    BalasHapus

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008