Kamis, 26 Mei 2011

Murai batu medan, ada enggak sih? iri-ciri murai batu medan

Murai batu (Copychus Malabaricus) adalah anggota keluarga Turdidae. Keluarga Turdidae ini dikenal memiliki kemampuan berkicau yang baik dengan suara merdu, bermelodi, dan sangat bervariasi. Pokoknya miara Murai Batu asik dah….
Ciri umum semua jenis murai batu adalah ekornya, yang merupakan bagian paling dominan karena panjangnya melebihi ukuran badannya. Kepala, leher, dada bagian atas, dan paruhnya berwarna hitam berkilau. Badan bagian bawah berwarna cokelat kemerahan. Panjang badan untuk betina kurang lebih 22 cm, sedangkan untuk jantan mencapai 28 cm (kalo nggak salah yak… hihihi).
Murai Batu, jika ngedenger nama akhir yang disandangnya, berkesan sesuatu yang keras dan tidak nyaman. Tapi, kalo dah denger kicauannya, apalagi pada saat duel (berhadapan) dengan murai batu lainnya suaranya sangat merdu dan empuk di telinga. Inilah yang bikin fansnya berlomba ngedapatin murai batu dengan kualitas suara paling baik.
Banyak cara yang dilakuin penggemar murai batu untuk mendapatkan kualitas suara paling baik. Ada yang ngasi makan tidak hanya kroto, tetapi juga jangkrik, agar suaranya nyaring, ada pula yang ngasi makan ulat bambu, ulat hongkong, belalang bahkan Kelabang!!! Huh aya-aya wae nih penggemar kicauan...
Mereka juga ngasi pelatih suara berupa burung kicau jenis lain seperti Kenari, Love Bird, Cililin (ini yang langka), Cucak Jenggot, Jalak Suren, suara Jangkrik ampe belalang, ato kaset suara burung berkicau (tapi ini nggak dianjurkan, coz bikin kicauan burung jadi ngban alias monoton)...
Mereka juga tidak pernah lupa menjemur dan memandikan burung. Pokoknya, apa pun mereka lakukan asalkan burung murai mereka berkicau dengan riang.
Murai batu digemari pencinta burung karena kemampuannya mengeluarkan suara yang indah dan sangat beragam. Murai batu banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, terutama di Sumatera, Kalimantan, sebagian Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Murai batu yang berasal dari Sumatera disebut Murai Batu Medan dan Murai Batu Lampung. Murai batu yang berasal dari Kalimantan disebut Murai Batu Borneo ato Murai Batu Malaysia, sedangkan yang dari Jawa disebut burung Larwo… Bener nggak yaaaa, kayanya sih bener….
Dari sederet jenis murai batu, adalah Murai Batu Medan yang punya nilai jual paling tinggi. Ini dikarenakan baik penampilan fisik maupun kualitas kicauannya jauh di atas murai batu lainnya.. paling oke dah!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008